Sejarah Awal Berdirinya Nvidia Corporation

Sejarah Awal Berdirinya Nvidia Corporation

Nvidia Corporation artinya perusahaan teknologi multinasional Amerika yg didirikan pada Delaware serta berbasis di Santa Clara, California, Alaihi Salam.

Didirikan di tanggal 5 April 1993, sang Jensen Huang (seorang Taiwan Amerika, sebelumnya direktur CoreWare serta perancang mikroprosesor di Advanced Micro Devices – AMD), Chris Malachowsky (seseorang insinyur listrik yang bekerja di Sun Microsystems), serta Curtis Priem (sebelumnya seorang insinyur staf senior serta desainer chip grafis pada Sun Microsystems).

Sejarah Awal Berdirinya Nvidia Corporation

Ketiga co-founder percaya bahwa PC suatu hari nanti akan menjadi perangkat konsumen buat menikmati game serta multimedia.

Di tahun 1993, tiga pendiri percaya bahwa arah yg sempurna buat gelombang komputasi berikutnya merupakan komputasi berbasis percepatan atau grafis karena dapat memecahkan dilema yg tidak bisa dilakukan oleh komputasi tujuan awam.

Mereka pula mengamati bahwa video game secara bersamaan merupakan salah satu dilema komputasi yang paling menantang serta akan mempunyai volume penjualan yang sangat tinggi.

Video game sebagai roda gila perusahaan untuk menjangkau pasar besar dan mendanai R&D besar buat memecahkan problem komputasi akbar.

Dengan hanya $40.000 pada bank, perusahaan itu lahir. Perusahaan lalu menerima $20 juta pendanaan modal ventura dari Sequoia Capital serta lainnya.

Nvidia awalnya tidak memiliki nama dan salah satu pendiri menamai seluruh file mereka NV, mirip pada “versi berikutnya”.

Kebutuhan buat menggabungkan perusahaan mendorong para pendiri buat meninjau seluruh istilah menggunakan 2 huruf itu, mengarahkan mereka ke “invidia”, kata Latin buat “iri”. Nvidia go public di 22 Januari 1999.

Rilis RIVA TNT di tahun 1998 memperkuat reputasi Nvidia pada mengembangkan adapter grafis yang mumpuni.

Pada akhir 1999, Nvidia merilis GeForce 256 (NV10), terutama memperkenalkan transformasi serta pencahayaan on-board (T&L) ke perangkat keras 3D tingkat konsumen.

Berjalan di 120 MHz dan menampilkan saluran pipa empat piksel, dia menerapkan percepatan video taraf lanjut, kompensasi gerakan, dan pencampuran alfa sub-gambar perangkat keras.

GeForce mengungguli produk Agen Sbobet yang terdapat menggunakan selisih yang lebar.

Sebab kesuksesan produknya, Nvidia memenangkan kontrak buat mengembangkan perangkat keras grafis buat konsol game Xbox Microsoft, yg menghasilkan Nvidia uang muka $200 juta.

Tetapi, proyek tadi mengambil poly insinyur terbaiknya berasal proyek lain. pada jangka pendek hal ini tidak menjadi problem, serta GeForce2 GTS dikirimkan pada ekspresi dominan panas tahun 2000.

Di bulan Desember 2000, Nvidia mencapai kesepakatan buat mengakuisisi aset intelektual dari saingannya, 3dfx, pelopor pada teknologi grafis 3D konsumen yg memimpin lapangan dari pertengahan 1990-an hingga 2000. Proses akuisisi diselesaikan di April 2002.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.