Sejarah Honda, Perusahaan Motor Terbesar

Siapa diantara kalian yang tidak mengenal merek Honda? Tapi apakah kalian tahu sejarah Honda? Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959 dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001.

Honda juga menggusur Chryles, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS. Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi https://www.ispcan2018.org/.

Sejarah Honda, Perusahaan Motor Terbesar

Namun ternyata dibalik kisah sukses yang diraihnya ternyata banyak kisah pilu awal berdirinya Honda. Soichiro Honda adalah pendiri Honda yang lahir pada 17 November 1906 di Hamamatsu Shizuoka Jepang. Bapaknya adalah seorang tukang reperasi sepeda, sehingga waktu kecilnya dihabiskan untuk membantu orang tuanya.

Pada usia yang masih belia ( 15 tahun ) Sichiro Honda memilih pergi dari kampung untuk mencari pekerjaan dikota. Walaupun secara pendidikan formal, ia termasuk anak yang tidak mempunyai tamatan dan memiliki nilai buruk disekolah. Namun niat dan tekadnya yang kuat sesampainya di Tokyo, Soichiro Honda berkerja di sebuah bengkel sebagai mekanik yang menangani mobil-mobil balap selama lebih kurang 6 tahun lamanya.

Kecintaannya pada dunia otomotif, sempat menjadikannya sebagai seorang pembalap pada tahun 1936. Namun naas, kecelakaan menimpanya dan membuat kedua pergelangan tangannya patah. Hal ini yang membuatnya untuk kembali ke kampung halaman dan beralih profesi. Berbekal uang pinjaman dari seorang temannya Kato Sichiro, pada tahun 1937 ia mendirikan sebuah pabrik pembuat cincin piston untuk mesin – mesin Toyota.

Selang beberapa tahun, Jepang mengalami perang dunia ke II yang mengakibatkan perusahaannya berada di wabah kendali kementrian militer jepang. Kedua pabriknya hancur lebur, yang pertama karena perang dan yang kedua karena gempa bumi di Mikawa tahun 1945.

Pasca perang tahun 1949, Jepang dilanda kemiskinan. Honda Technical Research Institute dilikuidasi seharga ¥1.000.000, atau sekitar US$5.000 untuk nilai sekarang, dana tersebut digunakan untuk menggabungkan Honda Motor Co., Ltd.

Pada waktu itu, Honda mempekerjakan insinyur bernama Kihachiro Kawashima, dan Takeo Fujisawa yang memberikan bisnis yang sangat menjanjikan dan keahlian pemasaran untuk melengkapi kecenderungan teknis Soichiro Honda. Pertemanan yang dekat antara Soichiro Honda dan Fujisawa bertahan sampai mereka mengundurkan diri bersama pada bulan Oktober 1973.

Sepeda motor pertama yang berhasil dibuat, dengan kerangka dan mesin yang dibuat oleh Honda, adalah Type D tahun 1949, yang mana D merupakan singkatan dari Dream. Pada tahun 1961, honda mendapatkan kemenangan Grand Prix pertamanya dan World Championships dalam 125cc dan 250cc. Begitulah sejarah Honda Motor Company tumbuh dalam waktu yang singkat untuk menjadi manufaktur dunia terbesar pada sepeda motor di tahun 1964.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.